Oleh: agusisasuwito | November 13, 2008

Puluhan Warga Indramayu Terserang Penyakit Kulit

Puluhan Warga Indramayu Terserang Penyakit Kulit

Liputan6.com, Indramayu: Puluhan warga Desa Jumbleng, Indramayu, Jawa Barat, baru-baru ini, menderita penyakit kulit yang menyerang hampir seluruh tubuh. Tak hanya orangtua, anak-anak serta bocah di bawah lima tahun juga terkena penyakit kulit ini.

Gejala awal, para korban menderita demam yang disertai rasa gatal serta perih pada bagian tubuh yang terkena. Jika berhasil sembuh, seringkali penyakit serupa datang kembali. “Sudah sembuh, 20 hari kemudian muncul lagi,” kata Wasmad, seorang warga yang menderita penyakit kulit.

Melihat gekalanya, dokter Mohamad Toha menduga ada sebab tertentu hingga warga menderita penyakit kulit seperti ini. Kepala Puskesmas Losarang tersebut menduga air tanah yang biasa digunakan warga buat minum serta mandi tercemar limbah pabrik yang lokasinya dekat pemukiman warga. “Kemungkinan terbesar adalah pengaruh limbah yang diproduksi pabrik,” kata Mohamad.

Mulyana, kepala pabrik, membantah dugaan pencemaran itu. Dia berkilah pabrik sudah memiliki izin kelayakan lingkungan dari Kementrian Lingkungan Hidup. Limbah pabrik secara berkala juga diperiksa.

Untuk memastikan penyebab penyakit kulit, warga akan meminta Dinas Pertambangan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu memeriksa air limbah pabrik. Mereka juga akan meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu memberikan pengobatan pada warga yang terkena penyakit.(BOG/Ridwan Pamungkas)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: